Translate

IFFC mengundang anda bergabung dan ikut serta dalam pengembangan dari site ini, dalam prosesnya banyak kemungkinan yang bisa terjadi. hal ini tak terlepas dari kunjungan, komentar dan saran dari anda semua yang sangat kami harapkan. dengan kerja keras diharapkan nantinya akan menjadi salah satu site terlengkap yang menghadirkan berbagai artikel, kiat-kiat, saran dan info terkini mengenai frehwater fish.

Saya mengapresiasi kunjungan anda dan sangat menghargai junker yang selalu meninggalkan jejak bukan seorang silent rider yang cuman jadi tukang intip. Hargailah hasil karya blogger dalam pengadaan thread dengan meninggalkan jejak walau hanya beberapa patah kata.

klik sharing --> mempromosikan site
klik fans page --> berlangganan kiriman via FB
klik
join this site --> terkait dengan IFFC

Selasa, 18 Februari 2014

Sclerophages leichardti (Australian Arowana / Spotted Baramundi / Saratoga / Dawson River Salmon)

Arwana yang satu ini adalah kerabat dekat dari Arwana Irian atau yang dikenal dengan nama Scleropages Jardinii, memiliki ciri fisik yang sama yaitu sangat ramping dibanding jenis arwana asia lainnya. Saat ini keberadaannya di habitat liar sudah diambang kepunahan karena perburuan liar yang dilakukan penduduk asli. Sehingga harga seekor Saratoga dipasaran bebas sudah tidak lagi masuk diakal bahkan mencapai 10 kali lebih mahal dari saudara dekatnya Scleropages Jardinii.

Arwana ini berasal dari sungai-sungai di Australia, seperti Sungai Mary, Sungai Dawson, Sungai Burnett, dan Sungai Fitzory. Arwana ini juga di temukan di tempat yang sama dengan arwana jardini.
saratoga dewasa dapat mencapai ukuran 90 cm
 Ciri tubuh arwana ini berwarna perak kehijau-hijauan dihiasi bintik oranye, sehingga tanpak menyerupai kain batik. Arwana ini tergolong istimewa karena daya tahan tubuhnya yang tahan terhadap suhu panas yang mencapai 40 derajat C.  Namun kisaran suhu idealnya yaitu 26-27 derajat C. 
lechardty (tengah), bandingkan perbedaannya dengan jardinii (atas)
Seperti pada umumnya Family Osteoglossidae, ikan ini juga memiliki sungut di ujung dagunya. Sekali bertelur, Saratoga dapat menghasilkan 60-100 butir telur berukuran besar-besar. 


Ditemukan    : Günther, 1864 
Family           : Osteoglossidae (Bentungefisker (Arowanaer)) 
Ordo              : Osteoglossiformes (Bentungefisker)
Nama : 
      - Spotted bonytongue
Nama Lain   : 
      - Southern saratoga.
      - Spotted saratoga.
      - Saratoga..
      - Osteoglossum guntheri.
      - Australian Arowana.
Ukuran Maksimum   : 90.0 cm (tank), 100.0 cm (habitat).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Facebook Fans Page

Exit Jangan Lupa Like Ya