Translate

IFFC mengundang anda bergabung dan ikut serta dalam pengembangan dari site ini, dalam prosesnya banyak kemungkinan yang bisa terjadi. hal ini tak terlepas dari kunjungan, komentar dan saran dari anda semua yang sangat kami harapkan. dengan kerja keras diharapkan nantinya akan menjadi salah satu site terlengkap yang menghadirkan berbagai artikel, kiat-kiat, saran dan info terkini mengenai frehwater fish.

Saya mengapresiasi kunjungan anda dan sangat menghargai junker yang selalu meninggalkan jejak bukan seorang silent rider yang cuman jadi tukang intip. Hargailah hasil karya blogger dalam pengadaan thread dengan meninggalkan jejak walau hanya beberapa patah kata.

klik sharing --> mempromosikan site
klik fans page --> berlangganan kiriman via FB
klik
join this site --> terkait dengan IFFC

Jumat, 03 Agustus 2012

CHOCOLATE FROGMOUTH CATFISH

Chocolate Frogmouth Catfish ( Chaca bankanensis )


  • Distribusi & Habitat
Berasal dari rawa-rawa hutan di Indonesia, Malaysia, dan Brunei. Habitat yang didiami oleh ikan ini adalah hutan-hutan yang digenangi oleh air dangkal, perairan yang dimana menyediakan tempat teduh serta tempat persembunyian yang baik diantara dedaunan dan serasah.



  • Ukuran
 20 cm
  • Set-up Akuarium
Catfish ini adalah ikan yang menyukai tempat temaram. Kondisi pencahayaan yang redup cocok untuk catfish ini. Penggunaan substrat berupa pasir yang lembut juga direkomendasikan karena ikan ini suka mengubur diri. Tanaman air dapat ditambahkan sebagai dekorasi pada akuarium, namun pilih tanaman air yang tahan banting serta dapat tumbuh menempel pada dekorasi lainnya, seperti java moss atau java fern. Penambahan beberapa ranting kayu atau bogwood serta dedaunan kering sangat membantu untuk menciptakan kondisi yang sesuai dengan habitat aslinya di akuarium.
  • Pakan
Ikan kecil, udang hidup, dan bloodworm. Terkadang ada kemungkinan untuk menyapih catfish muda dari pakan hidup dan melatihnya memakan pakan beku atau kering.
  • Kondisi air
pH: 6-8
temperatur air: 22-26°C
  • Kompabilitas
Sebagai predator bermulut besar, lebih baik ikan ini dipelihara sendirian atau bersama dengan spesiesnya sendiri saja. Karena ikan ini mampu memangsa semua ikan yang muat dalam bukaan mulutnya. 
  • Famili
 Chacidae (Siluriformes)
  • Info
Frogmouth catfish dikenal dengan kemampuan menyamarnya yang hebat. Ikan ini jarang bergerak dalam akuarium, kecuali ketika diberi makanan, sesuai dengan kebiasaannya di alam liar. Di habitat aslinya, catfish ini berburu mangsa dengan menggerak-gerakkan sungutnya menyerupai cacing sebagai umpan. Mangsa yang terpincut akan segera disambarnya dalam secepat kilat. Karena inilah, ikan ini memiliki nama lain angler catfish atau lele pemancing.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Facebook Fans Page

Exit Jangan Lupa Like Ya