Translate

IFFC mengundang anda bergabung dan ikut serta dalam pengembangan dari site ini, dalam prosesnya banyak kemungkinan yang bisa terjadi. hal ini tak terlepas dari kunjungan, komentar dan saran dari anda semua yang sangat kami harapkan. dengan kerja keras diharapkan nantinya akan menjadi salah satu site terlengkap yang menghadirkan berbagai artikel, kiat-kiat, saran dan info terkini mengenai frehwater fish.

Saya mengapresiasi kunjungan anda dan sangat menghargai junker yang selalu meninggalkan jejak bukan seorang silent rider yang cuman jadi tukang intip. Hargailah hasil karya blogger dalam pengadaan thread dengan meninggalkan jejak walau hanya beberapa patah kata.

klik sharing --> mempromosikan site
klik fans page --> berlangganan kiriman via FB
klik
join this site --> terkait dengan IFFC

Senin, 21 Juli 2014

Simulut Besar - Gulper Catfish (Asterophysus batrachus)


Gulper Catfish merupakan salah satu spesies dari Family Amiidae yang pada awalnya berasal dari bagian selatan Amerika Tengah yaitunya Negara Argentina (Asterophysus batrachus Kner 1958), namun sekarang banyak ditemukan Asterophysus batrachus. sp di Amerika Selatan bagian utara khususnya Sungai Orinoco dan Sungai Negro di Venezuela dan Brasil. Sesuai dengan namanya, ikan lele Gulper atau Ogre (asterophysus batrachus) memiliki mulut yang sangat lebar, bahkan sampai ke samping sisi kepalanya. Kepala ikan lele eksotis ini terbilang tidak proporsional karena cenderung lebih besar dari badannya. Justru karena kelainan itu, Gulper catfish dapat memangsa ikan yang seukuran dengan tubuhnya. Gulper memiliki tulang belakang Anterior pada sirip dada dan sirip punggung.


Berasal dari perairan Amazon ikan eksotis ini dapat mencapai ukuran 28 cm pada saat dewasa. Ikan ini memilih senang menghuni lubang-lubang di kayu yang tenggelam di dasar sungai ataupun tempat lain yang dianggapnya dapat dipakai tempat bersembunyi.


Gulper memilih jam makannya pada waktu malam hari atau nokturnal. Mangsa favoritnya adalah udang-udangan kecil. Namun pada dasarnya, semua yang masuk dimulutnya akan menjadi santapan si Gulper.


Memelihara lele unik ini terbilang tidak sulit. Untuk ukuran Gulper sepanjang 10 cm hanya dibutuhkan aquarium berukuran lebar 60 cm dan dengan ketinggian 30 cm saja. Ikan lele bermulut besar ini dapat dicampur dengan ikan lain yang berukuran lebih besar dari dirinya.


Pada umumnya spesies ini menghuni perairan tawar yang tenang, namun terkadang sering terlihat diperairan deras kecuali satu spesies yaitu Pseudauchenipterus nodosus yang mendiami perairan payau.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Facebook Fans Page

Exit Jangan Lupa Like Ya