Translate

IFFC mengundang anda bergabung dan ikut serta dalam pengembangan dari site ini, dalam prosesnya banyak kemungkinan yang bisa terjadi. hal ini tak terlepas dari kunjungan, komentar dan saran dari anda semua yang sangat kami harapkan. dengan kerja keras diharapkan nantinya akan menjadi salah satu site terlengkap yang menghadirkan berbagai artikel, kiat-kiat, saran dan info terkini mengenai frehwater fish.

Saya mengapresiasi kunjungan anda dan sangat menghargai junker yang selalu meninggalkan jejak bukan seorang silent rider yang cuman jadi tukang intip. Hargailah hasil karya blogger dalam pengadaan thread dengan meninggalkan jejak walau hanya beberapa patah kata.

klik sharing --> mempromosikan site
klik fans page --> berlangganan kiriman via FB
klik
join this site --> terkait dengan IFFC

Selasa, 22 April 2014

Pupuk Dasar untuk Aquascape

Dalam pembuatan Aquascape, tentu ada banyak langkah yang mesti kita lalui untuk memperoleh keseimbangan antara kesuburan tanaman, kesehatan ikan dan kebersihan dari air itu sendiri. 


Untuk memperoleh kesuburan dari berbagai tanaman yang kita tanam baik berupa moss atau juga berupa tanaman hidup tentu saja diperlukan penyuburan seperti penggunaan pupuk, co2 dan berbagai hal yang nantinya akan kita bahas juga. 


Pupuk tidak saja diperlukan dalam teknologi pertanian bercocok tanam didarat, namun dalam pembuatan Aquascape, pupuk merupakan salah satu unsur penting. Kita mengenal ada setidaknya 3 jenis pupuk yang biasa kita gunakan yaitunya ; pupuk dasar, pupuk cair dan pupuk tancap.

Pupuk Dasar adalah pupuk yang di letakkan pada lapisan paling bawah substrate (misal gravel/pasir/tanah). Pupuk ini di gunakan pada awal set-up akuarium, jadi hanya di gunakan 1 kali saja.

Berikut adalah berbagai produk pupuk dasar yang beredar dipasaran sehingga memungkinkan para aquascaper memiliki berbagai pilihan jumlah dan harga yang sesuai :

 






Pupuk dasar penting sekali untuk aquascape, terutama bagi mereka yang menggunakan sistem plant (tanaman yang ditancap ke pasir) serta apabila substrat yang digunakan tidak mengandung nutrisi serta zat hara yang cukup yang dibutuhkan oleh tanaman (hal ini tidak berlaku mutlak untuk beberapa jenis moss). Untuk para Aquascaper yang akan membuat aquascape dgn menggunakan tanaman tancap sebaiknya menggunakan pupuk dasar sebagai pemberi nutrisi pada tanaman yang diserap melalui akar agar tanaman tumbur subur dan sehat. Ada banyak jenis pupuk dasar yang ada dipasaran seperti Root+, sera, JBL dll. Banyak juga pupuk dasar yang diracik sendiri oleh para aquascaper. Dengan pengalaman dan ilmu pengetahuan yang cukup para master aquascape meracik sendiri pupuk dasar dan memasarkannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Facebook Fans Page

Exit Jangan Lupa Like Ya