Translate

IFFC mengundang anda bergabung dan ikut serta dalam pengembangan dari site ini, dalam prosesnya banyak kemungkinan yang bisa terjadi. hal ini tak terlepas dari kunjungan, komentar dan saran dari anda semua yang sangat kami harapkan. dengan kerja keras diharapkan nantinya akan menjadi salah satu site terlengkap yang menghadirkan berbagai artikel, kiat-kiat, saran dan info terkini mengenai frehwater fish.

Saya mengapresiasi kunjungan anda dan sangat menghargai junker yang selalu meninggalkan jejak bukan seorang silent rider yang cuman jadi tukang intip. Hargailah hasil karya blogger dalam pengadaan thread dengan meninggalkan jejak walau hanya beberapa patah kata.

klik sharing --> mempromosikan site
klik fans page --> berlangganan kiriman via FB
klik
join this site --> terkait dengan IFFC

Senin, 21 April 2014

Apakah Tanning itu Penting dalam Memelihara Arowana ?

Tentu banyak orang sependapat bahwa Ikan Arowana yang dijuluki sebagai ikan Naga ini merupakan salah satu ikan hias termahal yang pernah ada. Bahkan bukan hal baru untuk seekor indukan arwana super red dengan karakteristik tertentu dan unik dapat dihargai sangat tinggi, bahkan mencapai ratusan juta rupiah hingga milyaran rupiah.



Di habitat aslinya arwana tumbuh dengan berbagai kemungkinan mendapat sinar matahari langsung sepanjang hari, mendapati proses perburuan makanan dan seleksi alam yang memungkinkan berbagai hal bisa terjadi dari masa ke masa. Arowana akan mengalami kematangan akan segala sesuatunya setelah mencapai usia kurang lebih 4 tahun dengan ukuran lebih dari 35 cm, tentu saja apa yang berlaku di habitat aslinya tersebut tidak selalu kita dapatkan apabila memelihara seekor aro atau lebih dengan menggunakan tank atau aquarium. 


Salah satu proses yang coba penulis jelaskan kali ini adalah proses bagaimana mengganti proses pencahayaan dari sinar UV yang diperoleh dari matahari langsung yang sangat berguna untuk kematangan pigmen warna yang dimiliki berbagai varietas family osteoglassidae. Baik UV A dan UV B tersebut dapat diberikan dengan melakukan proses tanning pada arowana dengan menggunakan lampu yang memeiliki intensitas setara atau mendekati sinar UV.

Lampu PPL Set untuk Tanning

Penempatan Aquarium dengan sinar matahari langsung tentu tidak selalu bisa dilakukan, begitu pula dengan memastikan seekor aro dapat memperoleh sinar UV secara alami akan sangat menyulitkan kita apabila harus mengangkut tank berisi air dan aro. Apakah ada yang mau mengambil resiko stress dan kemungkinan lain yang berakibat buruk terhadap aro.

Lampu LED untuk Tanning Arwana

Penempatan Tanning di bagian depan Aquarium

Warna dari seekor arwana tidak akan jauh berbeda dengan gen yang diturunkan oleh induk nya sendiri, aro yg kaya akan gen merah, dengan hanya menggunakan lampu submerieble biasa juga dapat merah pada waktunya, ditanning hanya supaya mempercepat proses keluarnya warna saja, oleh karena itu arwana yg indukannya gak merah, mau di tanning 24 jam juga gak akan bisa merah,  maka dari itu ada baiknya bijaksana dalam adopsi anakan aro,

Dan proses penyinaran ini dikenal dengan istilah Tanning, yaitu memberikan paparan sinar pada ikan arowana selama beberapa jam per harinya. Sinar tersebut harus memiliki spectrum UV A & B dan juga nilai Kelvin (temperature warna) yang hampir setara dengan nilai Kelvin dari sinar matahari yaitu dikisaran 6.000K, serta panjang gelombang (wave length) dikisaran nilai 400nm sampai 600nm sehingga penanganan yang baik dan teratur dari lampu tanning ini akan membuat sel pigmen dari sisik-sisik arowana mengalami proses pigmentasi. Disamping itu juga diperlukan dukungan dari kualitas air dan pakan yang diberikan saat proses tanning.

Jika sebagian hobies menganggap tanning itu penting, tak ada dalih untuk mengatakan hal itu tidak penting. 

Wassalam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Facebook Fans Page

Exit Jangan Lupa Like Ya