Translate

IFFC mengundang anda bergabung dan ikut serta dalam pengembangan dari site ini, dalam prosesnya banyak kemungkinan yang bisa terjadi. hal ini tak terlepas dari kunjungan, komentar dan saran dari anda semua yang sangat kami harapkan. dengan kerja keras diharapkan nantinya akan menjadi salah satu site terlengkap yang menghadirkan berbagai artikel, kiat-kiat, saran dan info terkini mengenai frehwater fish.

Saya mengapresiasi kunjungan anda dan sangat menghargai junker yang selalu meninggalkan jejak bukan seorang silent rider yang cuman jadi tukang intip. Hargailah hasil karya blogger dalam pengadaan thread dengan meninggalkan jejak walau hanya beberapa patah kata.

klik sharing --> mempromosikan site
klik fans page --> berlangganan kiriman via FB
klik
join this site --> terkait dengan IFFC

Selasa, 19 Juli 2011

KEUNIKAN DAN MITOS ARWANA



Arwana memiliki badan yang panjang; sirip dubur terletak jauh di belakang badan. Arwana Asia umumnya memiliki warna keperak-perakan. Arwana juga disebut "Ikan Naga" karena sering dihubung-hubungkan dengan naga dari Mitologi Tionghoa


Arwana Asia adalah spesies asli sungai-sungai di Asia Tenggara khususnya Indonesia. Ada empat varietas warna yang terdapat di lokasi:

* Hijau, ditemukan di Indonesia, Vietnam, Birma, Thailand, dan Malaysia
* Emas dengan ekor merah, ditemukan di Indonesia
* Emas, ditemukan di Malaysia
* Merah, ditemukan di Indonesia

Arwana Asia terdaftar dalam daftar spesies langka yang berstatus "terancam punah" oleh IUCN tahun 2004. Jumlah spesies ini yang menurun dikarenakan seringnya diperdagangkan karena nilainya yang tinggi sebagai ikan akuarium, terutama oleh masyarakat Asia. Pengikut Feng Shui dapat membayar harga yang mahal untuk seekor ikan ini.



A. MITOS AROWANA
Arowana si ikan Naga atau dalam bahasa internationalnya disebut dengan dragon fish adalah ikan yang dikenal dan dipercaya sebagai titsan naga yang dapat membawa keberuntungan bagi orang yang memeliharanya. Mitos ini pertama kali dipercaya oleh orang orang khususnya dari keturunan Tiong Hoa. Namun dengan berkembangnya jaman maka ikan ini bukan saja hanya diminati oleh orang orang dari keturunan etnis Tiong Hoa saja namun sudah disukai oleh semua pecinta ikan hias di dunia. Mengapa primadona ikan arowana

Dapat sebegitu kuatnya? Tidak kita pungkiri bahwa ikan arowana mempunyai suatu energy dengan kharisma yang sangat kuat terutama ketika berenang melenggak lenggok di dalam akuarium. Dapat kita mengerti dikarenakan ikan arowana adalah termasuk ikan purba (Sclheropages Formosus) yang sudah mengalami regenerasi beribu ribu tahun. Bentuk ikan ini memang mirip sekali dengan naga dan oleh karena itu ikan ini dijuluki sebagai ikan naga. Ada suatu mitos yang berkembang pula bahwa ikan arowana dahulunya berasal dari dewi kahyangan yang dikutuk menjadi ikan dan akhirnya beranak pinak sampai saat ini. Ada beberapa nama istlah dari ikan arowana itu sendiri. Seperti di daerah Kalimantan ikan ini dikenal dengan nama Siluk, di daerah Sumatra khususnya di Pakanbaru dikenal dengan nama Peyang atau Kelisa. Di Thailand dikenal dengan nama Pla Thapad atau juga Pla Hangke, di Cina dikenal dengan nama Hung Lung khususnya bagi arowana superred yang diartikan menjadi Naga Merah. Banyak sekali nama yang berkembang di kalangan masyarakat dan hal ini tanpa disadari menjadi sebuah mitos yang dipercaya dikalangan hobiis ikan arowana.

Di kalangan hobiis, setiap jenis arowana konon juga dipercaya mempunyai beberapa kegunaan dan kekuatan yang berbeda beda. Arowana Brasil atau Arowana Silver yang notabene adalah jenis arowana yang termurah juga dipercaya mempunyai kekuatan magis tertentu. Arowana ini sangat baik juga untuk dipelihara karena dipercaya mempunyai kekuatan sebagai tameng atau tolak bala bagi pemiliknya. Kekuatan tolak bala yang cukup besar juga dimilki jenis arowana lainnya yang masih berwarna silver atau kehitaman seperti arowana black silver, pino, banjar, dan juga jardini. Arowana golden atau lebih dikenal saat ini dengan nama Red Tail Gold (RTG) sangat cocok untuk dipelihara di dalam ruangan tengah rumah anda dikarenakan ada mitos yang berkembang bahwa arowana golden mempunyai kekuatan energy positif yang besar untuk membawa ketenangan dalam rumah anda dan membawa perasan tentram bagi pemiliknya. Dan Arowana merah atau Superred Arowana sangat cocok untuk diletakkan di ruang tamu rumah bahkan kantor atau tempat usaha apapun dikarenakan mempunyai energy untuk mendatangkan rejeki dan juga menunjukan kewibawaan dan kekuasaan dari pemiliknya. Sekali lagi hal tersebut adalah hanyalah mitos dikarenakan kalau kita analisa dengan akal sehat sudah pasti mempunyai hobby memelihara arowana adalah suatu hobby yang mempunyai kelas prestise tersendiri mengingat ikannya yang mempunyai tampilan yang cantik dan juga dikarenakan termasuk hewan yang sudah langka dan dilindungi pemerintah, tentu saja hobby ini juga merupakan hobby yang relatif membanggakan bagi orang yang melakukannya.



B. MEMILIH AROWANA UNTUK PEMULA.
Dalam setiap kesempatan banyak sekali orang yang bertanya pada saya bahwa bagi seorang pemula, jenis arowana apa yang harus saya pelihara? Jaawabannya adalah satu hal. Jenis apapun sangat cocok untuk dipelihara khususnya bagi pemula asalkan sebelum kita memelihara ikan arowana yang paling penting adalah kita harus memahami karakteristik ikan arowana tersebut dan mengerti dengan benar caresheet perawatan ikan arowana itu sendiri. Jadi sebaiknya memelihara ikan arowana dari yang paling murah terlebih dahulu yaitu Silver Brasil dikarenakan jika terjadi suatu hal yang tidak diinginkan dalam proses pengenalan karakteristik ikan arowana tersebut tidak akan menimbulkan rasa sakit yang mendalam. Baru setelah kita menguasainya mulai langkah demi langkah kita mengupgrade ikan arowana tersebut sampai akhirnya ke jenis yang paling tinggi yaitu Superred Arowana. Namun satu hal lagi yang menjadi faktor adalah faktor kemampuan kita dalam menjalankan hobby ini. Jangan sampai hobby kita mengganggu dan membawa dampak hal yang negatif dalam kehidupan kita. Jika memang kita ada kemampuan, tidak ada salahnya langsung lompat ke jenis Goldenred Arowana bahkan Superred Arowana. Mengapa? dikarenakan pada dasarnya cara perawatannya sama, waktu yang kita butuhkan untuk membesarkan ikan tersebut sama, dan juga biaya yang kita keluarkan untuk pakannya sama. Dengan kata lainnya pengorbanan yang harus kita keluarkan dalam mempelajari hobby ini untuk jenis arowana apapun adalah sama. Perbedaan yang mencolok adalah khususnya untuk jenis goldenred dan superred disamping kita melihat pertumbuhan ikan arowana tersebut, hal lainnya adalah kita dapat melihat perkembangan warna yang dihasilkan oleh kedua jenis ikan diatas yang dpapt memberikan kepuasan batin bagi pemeliharanya dari waktu ke waktu.



C. PERAWATAN RUTIN AROWANA
A.Perawatan Akuarium
Perawatan akuarium wajib kita lakukan selain untuk menjaga kebersihan dari akuarium itu sendiri dari bibit penyakit juga diperlukan untuk mempertahankan nilai estetika dari akuarium itu sendiri. Berapa kali kita harus membersihkan akuarium kita dalam satu minggu? Sebaiknya seperti yang sudah pernah saya bahas, buatlah jadwal untuk membersihkan akuarium kita minimal satu mingu sekali dan maksimal dua kali dalam satu minggu. Buatlah jadwal rutin misalnya setiap hari Senin dan Kamis, atau tetapkan setiap hari Selasa dan Jumat. Perawatan rutin harus dilakukan dengan benar sehingga kita bisa selalu menjaga kebersihan dari akuarium kita sepanjang waktu. Bagaimana cara membesihkan akarium yang benar? Tahap pertama adalah matikan semua filter dan peralatan akuarium anda. Lalu gosok seluruh kaca akuarium anda sampai bersih dan biarkan kotoran mengendap sementara waktu. Lalu ambil selalng sifon, sedot bagian dasar akuarium anda dan juga sedot semua kotoran yang ada di akuarium anda. Buanglah air sampai batas 1/3 air akuarium anda, lalu nyalakan semua filter dan isi dengan air endapan yang baru. Ada satu cara paling udah untuk mendeteksi kebersihan akuarim kita. Akuarium kita dapat dikatakan bersih jika permukaan air dari akuarium dapat merefleksikan bayangan dari obyek yang berada dalam akuarium itu sendiri.

B. Pola Pemberian Pakan
Pemberian pakan secara rutin dan bervariatif akan membantu menjaga kesehatan ikan arowana kita dan juga memacu pertumbuhan ikan yang sehat. Berikan pakan minimal satu hari sekali dan maksimal dua kali sehari dengan menu yang bervariatif. (Saya akan membahas pemberian pakan arowana secara rinci di kesempatan mendatang). Jangan lupa sisa pakan di akuarium kita juga harus kita perhatikan. Jangan sampai pernah ada sisa pakan yang tidak dimakan atau kita membiarkan sisa remah remah dari pakan di akuarium arowana kita. Pada sat membersihkan akuarium, coba angkat sisa sisa remahan pakan dengan jaring serokan yang biasanya sisa remahan tersebut akan mengambang di permukaan air akuarium kita.

C. Perawatan Filtrasi dan Peralatan Akuarium Lainya
Jika anda mengunakan sistem filter gendong atau top filter untuk akuarium anda, lakukan pembersihan kotak filter berbarengan dengan perawatan akuarium anda. Cuci kotak filter sampai bersih dan ganti media filternya setiap pembersihan akuarium (Dalam hal ini media berupa kapas filter ). Jangan lupa untuk membersihkan power head anda dengan cara dibilas dengan air bersih dan set up kembali minimal dua minggu sekali.

Jika menggunakan filter tabung/canister filter, lakukan pembersihan satu bulan sekali. Cuci semua media yang ada di dalam filter dan anda dapat mengganti media yang ada per tiga sampai enam bulan sekali. Hal ini untuk menjaga kebersihan filter tersebut dari bakteri yang buruk. Perlu diperhatikan bahwa kelemahan dari canister filter adalah penumpukan kotoran di dasar filter tersebut dan jika lama tidak dibersihkan sudah pasti akan menjadi sumber bibit penyakit. Perawatan rutin diatas wajib dijalankan untuk menjaga kesehatan ikan kesayangan kita.

Perawatan akuarium lainya dapat kita lakukan satu bulan sekali meliputi pembersihan heater, atau lampu celup dalam akuarium kita. Biasanya peralatan tersebut akan menjadi berlumut dikarenakan sinar dari lampu UV yang menyala. Cuci semua peralatan dan bilas sampai bersih lalu set up kembali. Jika kita sudah melakukan perawatan rutin diatas dengan benar, maka kita akan sangat menikmati hoby kita dan ikan kita juga akan tampil sehat dan prima.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Facebook Fans Page

Exit Jangan Lupa Like Ya