Translate

IFFC mengundang anda bergabung dan ikut serta dalam pengembangan dari site ini, dalam prosesnya banyak kemungkinan yang bisa terjadi. hal ini tak terlepas dari kunjungan, komentar dan saran dari anda semua yang sangat kami harapkan. dengan kerja keras diharapkan nantinya akan menjadi salah satu site terlengkap yang menghadirkan berbagai artikel, kiat-kiat, saran dan info terkini mengenai frehwater fish.

Saya mengapresiasi kunjungan anda dan sangat menghargai junker yang selalu meninggalkan jejak bukan seorang silent rider yang cuman jadi tukang intip. Hargailah hasil karya blogger dalam pengadaan thread dengan meninggalkan jejak walau hanya beberapa patah kata.

klik sharing --> mempromosikan site
klik fans page --> berlangganan kiriman via FB
klik
join this site --> terkait dengan IFFC

Selasa, 13 Mei 2014

Red Nose Tetra / Rummy Nose Tetra (Hemigrammus rhodostomus)

Rummy Nose Tetra (Hemigrammus rhodostomus) adalah spesies ikan air tawar tropis characin yang berasal dari Amerika Selatan, populer di kalangan fishkeepers sebagai ikan akuarium. Salah satu dari banyak jenis tetra kecil yang memiliki genus yang sama. Ikan ini memiliki panjang 5 cm (2 inci) ketika sudah dewasa, dan merupakan favorit di kalangan pecinta ikan hias air tawar tropis. Nama umum diterapkan pada sebagian besar ikan ini adalah " rummy nose tetra ", meskipun nama umum lainnya yang beredar (seperti "firehead tetra" untuk H. bleheri, menurut FishBase).



Rummy nose tetra merupakan ikan berbentuk torpedo, yang warna tubuhnya adalah warna keperakan tembus tergenang di beberapa spesimen dengan warna kehijauan: sisik warna hijau sering terlihat menghiasi ikan pada titik di kepala (bagian dari kepala kira-kira sesuai dengan dahi pada manusia) memenuhi tubuh. Sirip yang panjang, dengan pengecualian dari sirip ekor, sirip ini yang dihiasi dengan garis-garis horizontal hitam dan putih, tetapi biasanya terdiri dari satu garis hitam sentral di bagian tengah dari sirip ekor, dengan dua garis-garis hitam horisontal pada setiap lobus sirip ekor, ruang antara garis-garis yang putih, jumlah total garis-garis hitam menjadi lima. Kepala adalah warna merah tua, dengan merah terus ke iris mata, dan beberapa pewarnaan merah melampaui operkulum atau piring insang ke bagian anteriormost dari tubuh yang tepat.

Beberapa spesimen diklasifikasikan sebagai Hemigrammus rhodostomus memiliki tiga garis ekor hitam bukan lima, dan beberapa spesimen diklasifikasikan sebagai Petitella georgiae memiliki garis hitam di pangkal ekor memanjang ke depan ke dalam tubuh, diatasi atas oleh garis emas warna-warni tipis: Namun, apakah fitur ini adalah penentu diandalkan identitas spesies belum sepenuhnya dipastikan. Individu jantan dan betina tidak menunjukkan perbedaan visual yang jelas, selain meningkatkan kepenuhan garis tubuh pada wanita matang.

Tiga spesies ikan yang berbeda sehingga dikenal sebagai Rummy-Nose Tetra memiliki distribusi berikut: Hemigrammus rhodostomus: Bawah cekungan Amazon dan sungai Orinoco (yang ditemukan setelah Perang Dunia I oleh Jerman Albert Ramsperger), Hemigrammus bleheri: Rio Negro dan lembah sungai Rio Meta, Petitella georgiae: cekungan atas Amazon di Peru, Rio Purus, Rio Negro dan lembah sungai Rio Madeira (yang telah ditemukan dalam ikan impor akuarium dari Peru pada tahun 1950 di Swiss oleh H. Boutiere). Semua tiga jenis rummy nose tetra menghuni sungai yang kandungan kimia air nya sedikit mineral (soft), asam, dan sering tercemar dengan produk peluruhan asam humus dari sampah daun pada substrat sungai (dikenal sebagai 'Blackwaters' karena penampilan mereka) . tanaman air kadang-kadang hadir di sepanjang air.

Rummy nose tetra merupakan ikan bergerombol, yang menunjukkan perilaku bergelombol yang rapat baik di alam liar maupun dalam akuarium. Akibatnya, ikan-ikan ini harus dipelihara dalam kelompok yang tidak kurang dari 6 ekor, dengan volume air aquarium sekitar 25 gallon/80 liter. Ikan ini pecinta air hangat, kisaran suhu untuk pemeliharaan sekitar 24 ° C hingga 31 ° C, dengan ikan kadang-kadang membutuhkan suhu setinggi 33 ° C untuk berkembang biak. Akibatnya, kompatibilitas ikan ini dengan ikan air dingin adalah kontra-indikasi: misalnya, Corydoras panda akan menjadi pilihan yang buruk pendamping sebagai ikan ini lebih memilih suhu yang lebih rendah, dan ada sedikit tumpang tindih dalam rentang suhu dari dua spesies. Banyak ikan hias yang dapat dipelihara dengan rummy nose tetra, beberapa termasuk gurami kecil, tetras, barbs, danios, rainbow australia, dan berbagai ikan lele, seperti Ancistrus. Ikan ini tidak dapat disimpan dengan cichlids Afrika karena mereka memiliki parameter air yang sangat berbeda.

Kandungan kimia dalam air yang disukai oleh ikan-ikan ini, seperti bisa disimpulkan dengan mudah dari habitat liarnya, air yang lembut, air asam (kekerasan tidak lebih tinggi dari 6 ° dH dan pH sekitar 6,4-7,0 pasti disukai, jika memungkinkan) meskipun untuk tujuan pemeliharaan, pH air akuarium dapat berkisar 5,6-7,4. Namun, jika ingin membudidayakannya, rummy nose tetra membutuhkan air yang lembut, air asam, seperti majalah Tropical Fish baru-baru ini melaporkan bahwa penelitian pada ikan ini menunjukkan bahwa tingkat ion kalsium tinggi dalam air menginduksi sterilitas pada ikan ini. Sebuah akuarium yang ditanami tanaman air hidup akan lebih disukai oleh ikan-ikan ini, terutama jika tanaman termasuk spesies berdaun lembut seperti Cabomba dan Myriophyllum. Rummy nose tetra adalah omnivora dan akan menerima makanan serpihan sebagian besar, jika terlalu kecil, tetapi juga harus memiliki beberapa makanan kecil seperti artemia, daphnia, frozen bloodworm, tubifex, dan micropellet untuk melengkapi diet mereka. pelet tropis tenggelam sangat ideal untuk mereka. Umur untuk rummy nose tetra di akuarium biasanya 5 sampai 6 tahun dengan perawatan yang cermat.

Ketika kadar limbah metabolisme tertentu (amonia, nitrit dan nitrat) melebihi tingkat kritis, warna ruby merah intens daerah wajah ikan itu menjadi pucat. Ikan juga menjadi pucat segera setelah gangguan yang terjadi di akuarium setelah perubahan air, namun dalam hal ini, setelah air bersih telah diberikan, kembali warna merah tua intens. Kepucatan Persistent kepala akan diambil sebagai tanda bahwa parameter kimia air di akuarium pemeliharaan yang membutuhkan penyesuaian, dan bahwa tingkat polutan menjadi berbahaya bagi ikan ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Facebook Fans Page

Exit Jangan Lupa Like Ya