Translate

IFFC mengundang anda bergabung dan ikut serta dalam pengembangan dari site ini, dalam prosesnya banyak kemungkinan yang bisa terjadi. hal ini tak terlepas dari kunjungan, komentar dan saran dari anda semua yang sangat kami harapkan. dengan kerja keras diharapkan nantinya akan menjadi salah satu site terlengkap yang menghadirkan berbagai artikel, kiat-kiat, saran dan info terkini mengenai frehwater fish.

Saya mengapresiasi kunjungan anda dan sangat menghargai junker yang selalu meninggalkan jejak bukan seorang silent rider yang cuman jadi tukang intip. Hargailah hasil karya blogger dalam pengadaan thread dengan meninggalkan jejak walau hanya beberapa patah kata.

klik sharing --> mempromosikan site
klik fans page --> berlangganan kiriman via FB
klik
join this site --> terkait dengan IFFC

Rabu, 01 Agustus 2012

GARRA RUFA (IKAN TERAPI)

Garra rufa
Doctor fish2.jpg
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Actinopterygii
Ordo: Cypriniformes
Famili: Cyprinidae
Genus: Garra
Spesies: G. rufa
Nama binomial
Garra rufa
(Heckel, 1843)



Garra rufa adalah nama yang diberikan untuk dua jenis ikan, yaitu Garra rufa dan Cyprinion macrostomus. Ikan ini mendapat julukan lain, yaitu ikan penggigit, ikan Kangal, dermatologis kecil dan ikan dokter; dalam konteks non-medis, Garra rufa disebut pengisap kulit kemerahan. Ikan ini hidup dan berkembang biak di beberapa kolam spa di Turki, dimana mereka makan kulit pasien dengan psoriasis.

 Selama ini kita banyak mengenal dan mendengar terapi yang dilakukan oleh tangan manusia, kali ini ada terapi yang dilakukan oleh ikan Garra Rufa. Yang mana Ikan Garra Rufa ini berasal dari timur tengah.

Ikan Garra Rufa sendiri mampu menyembuhkan penyakit kulit, karena ikan ini memakan sel-sel kulit mati. Liur ikan juga mengandung enzim yang baik buat kulit.

Gigitannya seperti gelombang vibra sehingga dapat membantu melancarkan darah keseluruh tubuh, selain itu gigitannya bahkan mampu mengikis toksin atau endapan toksin yang berada di telapak kaki. 

Bila Anda rutin melakukannya dalam 1 minggu 4 x, Ikan Garra Rufa mempunyai manfaat. Memakan sel-sel kulit mati atau kering, melancarkan peredaran darah dalam tubuh, therapy alam untuk merangsang pertumbuhan sel kulit manusia, menghaluskan kulit sehingga lebih mulus.

Mengobati asam urat, mengurangi tekanan darah tinggi, membantu menghilangkan stresn serta menyembuhkan kesemutan pada kaki dan susah tidur.

Bila Anda ingin merasakan teraphy ikan ini, datang saja ke Hypermart tempatnya di deretan depan kasir paling ujung. Harga yang ditawarkan masih terjangkau, dengan waktu 15 menit Anda cukup mengeluarkan uang Rp 10ribu dan diberikan 1 kupon untuk 1 x teraphy.
Bila anda mengumpulkan 5 kupon andabisa  mendapatkan 1 x gratis teraphy.

Ikan yang digunakan untuk melakukan terapy ini berusia 1 bulan 1/2 sampai 1 tahun 1/2, bila sudah besar akan ditukar dengan ukuran 15 cm. Kalau ikan sudah mempunyai gigi tidak digunakan lagi.

" Kalau sudah besar kami tukar, ikan sudah mempunyai gigi tidak kami gunakan lagi," sebut Yudi pegawai teraphy Ikan Garra Rufa kepada Tribun Kamis (18/10).

Untuk waktu yang bagus minimal 15 menit dan maksimal 30 menit, untuk usia yang bisa merasakan teraphy ikan dari umur 3 tahun hingga tua. Bila kaki masih luka walaupun sedikit Anda tidak bisa melakukan teraphy ini dengan alasan takut kaki yang berdarah itu masuk bakteri.

" Kaki yang masih luka atau berdarah tidak bisa teraphy, takut bakteri akan masuk ke kaki yang masih luka," jelasnya lagi.

Cara melakukan teraphy ini sangat gampang, cukup rendamkan  kaki Anda kedalam bak yang berukuran 1,5 M dan lebar 50 Cm, kemudian kaki Anda akan dikerumuni oleh 500 ekor ikan Garra Rufa yang ada di dalam bak tersebut, Disini Anda bisa merasakan terapi ikan.     

Tempat ini buka setiap hari dari pukul 09.00-21.00. Biasa pelanggan datang kalau hari biasa 25-40 orang, weekend 70-80 orang.

hal yang perlu diperhatikan agar ikan garra rufa sehat dan tidak menyebarkan penyakit :
1. Air baru, air dari kran digunakan untuk mengganti air, apalagi dilakukan langsung menyeluruh tidak bertahap, sebaiknya air yang digunakan air yang sudah ditampung minimal satu hari sebelumnya
2. Jika air kolam terlalu kotor . banyaknya ikan dalam kolam atau seringnya ikan anda beri makan , akan membuat air kolam cepat kotor , segera ganti air begitu air sudah mulai berubah keruh, karena jika terlalu kotor ikan dapat mati
3. Air kolam berbau amis karena ada ikan yang mati, jika hal ini terjadi segera kurangi air sisakan ¼ aqtau 1/5 bagian saja, lalu ditambah air baru sedikit demi sedikit selang beberapa menit. Untuk menghindari hal ini , sebaiknya begitu melihat ada ikan mati , segera angkat dan buang bangkai ikan tersebut
4. Ikan mati. Jika ada ikan mati, langsung diangkat, jika terlambat, apalagi kondisi air hangat , maka air akan cepat berbau amis dan menimpbulkan racun bagi ikan lain. Ketika salah satu atau beberapa ikan menunjukan tanda sakit (badan belang, banyak diam di dasar, atau berenang secara tidak wajar) apalagi sudah ditandai dengan kematian, segera beri obat pada ikan
5. Ikan mati dan air hangat. Karena suhu air sangat mempengaruh kecepatan pencemaran racun, sebaiknya pada malam hari, ketika fish spa tutup. Turunkan pemanas dari 34” C ke 30” C
6. Air terkontaminasi. Ketika digunakan untuk fish spa , kita tdk bisa memproteksi bahwa air aman dari kontaminasi lotion, minyak angin, kotoran, obat2an atau bahan kimia lainnya. Itu sebabnya sebelum fish spa, sebaiknya cuci bersih kaki / anggota badan yang diterapi dengan air bersih, tanpa sabun atau dengan cairan khusus. Sebagai pencegahan, saat fish spa ramai keesokan harinya ganti ¼ bagian air kolam dengan air baru
7. Air berbau kaporit menyengat
8. Sirkulasi udara kurang. Jangan pernah tutup rapat kolam
9. Pastikan aerator berada pada lingkungan terbuka agar memastikan udara yang dipompa dalam air memiliki kualitas yang baik
10. Ikan terlalu sering dipindah, ikan yang sering dipindah dari satu wadah ke tempat baru akan membuat ikan stress yang bisa mengakibatkan ikan rentan mati, oleh sebab itu, pada saat pergantian air, ikan tidak disarankan untuk dipindah ke tempat lain , kecuali pada kasus khusus dimana anda harus menguras habis air dalam kolam
11. Ikan terlalu lapar

1 komentar:

  1. Popo Aquarium,

    Menjual ikan therapy garra rufa (dr.FISH) hasil pembudidayaan sendiri, BUKAN BEKAS SPA..

    Kirim langsung ke rumah. ( Jabodetabek )
    Ukuran 2cm up
    >100 ekor = 2200
    100 - 500 = 2100
    500 - 1000 = 2000

    4cm up
    >100 ekor = 3400
    100 - 500 = 3200
    500 - 1000 = 3100

    Banyak bonus
    083878598436

    BalasHapus

Facebook Fans Page

Exit Jangan Lupa Like Ya