Translate

IFFC mengundang anda bergabung dan ikut serta dalam pengembangan dari site ini, dalam prosesnya banyak kemungkinan yang bisa terjadi. hal ini tak terlepas dari kunjungan, komentar dan saran dari anda semua yang sangat kami harapkan. dengan kerja keras diharapkan nantinya akan menjadi salah satu site terlengkap yang menghadirkan berbagai artikel, kiat-kiat, saran dan info terkini mengenai frehwater fish.

Saya mengapresiasi kunjungan anda dan sangat menghargai junker yang selalu meninggalkan jejak bukan seorang silent rider yang cuman jadi tukang intip. Hargailah hasil karya blogger dalam pengadaan thread dengan meninggalkan jejak walau hanya beberapa patah kata.

klik sharing --> mempromosikan site
klik fans page --> berlangganan kiriman via FB
klik
join this site --> terkait dengan IFFC

Jumat, 26 Agustus 2011

FIRE EEL (IKAN SILI API)


Fire eel atau biasa disebut sili api,adalah ikan sejenis belut besar yang biasa ditemukan di Kamboja,Indonesia,Laos,Malaysia,Thailand,Vietnam.Di alam liar ikan ini dapat mencapai ukuran yang besar,yaitu dapat mencapai sekitar 1,2 meter.



Namun biasanya di akuarium ukurannya lebih kecil.Panjang maksimum bila di akuarium biasanya sekitar 55 cm.Seperti halnya dengan jenis sili lainnya,sili api memiliki deretan duri-duri kecil pada punggungnya.Bentuk tubuhnya memanjang dan memiliki moncong khas ikan sili.Warna dasarnya adalah coklat atau abu-abu,sedangkan pada perutnya warnanya lebih terang.Tiap individu memiliki pola yang berbeda.Biasanya berupa beberapa garis atau bintik-bintik merah kekuningan pada tubuh.Garis merah ini bervariasi,tergantung pada usia atau kondisi individu.Ikan muda memiliki corak berwarna kuning, yang akan berubah menjadi merah seiring pertambahan usia mereka.


Sili api menghuni lingkungan sungai yang mengalir lambat dan bersedimen halus.Di alam liar sili ini hidup pada area yang cukup luas yang mencakup sebagian besar Asia Tenggara.Mereka adalah penghuni air bagian bawah yang menghabiskan sebagian besar waktu meraka untuk mengubur diri di dasar sungai,seringkali hanya menyisakan moncong mereka yang terlihat di air.Namun mereka adalah predator yang rakus dan berburu mangsa di semua kedalaman.

Ikan muda umumnya dapat beradaptasi dengan baik untuk akuarium komunitas.Sili api yang berukuran sekitar 15 cm dapat dipelihara dalam akuarium berukuran 60 cm dan berkapasitas sekitar 75 liter.Sili api umumnya bersifat pendamai,namun pada ikan yang dewasa memiliki kecenderungan untuk bertarung dengan ikan lain dari spesies yang sama.Sifat mereka yang suka menggali juga terkadang dapat mencerabut tanaman air serta kayu bogwood.Kondisi air yang diperlukan;suhu air 25-27 °C dan pH 6-7,5.Sili api termasuk ikan yang cerdas,mereka dengan cepat belajar mengenali pemiliknya bahkan dapat menerima makanan dari tangan pemiliknya.Ikan ini hanya dapat diberi makanan hidup,seperti tubifex,bloodworm,jentik nyamuk,ikan kecil,serta udang.Pemijahan ikan ini tergolong langka dan sangat sulit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Facebook Fans Page

Exit Jangan Lupa Like Ya